Komunikasi dan gaya visual yang digunakan oleh Arif Muhammad 'Mak Beti' dalam video youtubenya sebagai konten kreator.

 

Latar Belakang

            Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang menampilkan berbentuk video yang sedang tren sejak 7 tahun belakangan ini hingga sekarang. Dari data statistik yang dilansir oleh yotube sendiri hampir dari sepertiga pengguna internet menggunakan youtube menjadikan salah satu media sosial yang digunakan. Banyak dari mereka tidak hanya sekedar menjadi penikmat tayangan video yang ada di youtube, namun mereka membuat peluang bagi diri mereka sendiri dengan membuat akun youtube atau channel youtube sebagai tempat mereka membuat konten yang kreatif, bahkan tidak hanya itu youtube bisa menjadikan kesempatan mereka untuk lapangan pekerjaan. Sehingga mereka memiliki channel youtube yang dimana channel youtube ini merupakan akun atau platform untuk content creator sebagai wadah mereka menghasilkan berbagai video yang ingin ditampilkan untuk ditonton oleh berbagai pengguna youtube. Bahkan hingga saat ini pengguna youtube sangat banyak sekali sehingga bisa menghasilkan penonton yang bisa mencapai ratusan juta penayangan. Biasanya youtube digunakan oleh kalangan usia 16 sampai 40 tahun, bahkan youtube sekarang sudah memunculkan fitur youtube kids yang dimana berisikan konten untuk anak kecil. Banyak sekali ragam tayangan yang diakses di laman youtube, seperti Film, Musik, Berita dan Informasi, Gaya Hidup, Olahraga, Game, Vlog/kegiatan sehari-hari dan masih banyak konten-konten lainnya.

            Pada laman youtube ini banyak sekali menghidupkan orang-orang yang memiliki kemampuan yang sangat kreatif  sehingga menciptakan banyak content creator. Content Creator merupakan orang yang memiliki ide kreatif yang dijadikan sebagai konten dan mereka membuat konten yang edukatif atau konten yang bisa menghibur sesuai keinginan para audiensnya, biasanya konten yang dibuat oleh para content creator yakni seperti tulisan, digital art, foto, video, podcast, dll. Biasanya mereka menyajikan kontennya di media sosial mereka sendiri, seperti Instagram, Blog, Twitter, Tiktok dan Youtube.  Namun beberapa tahun kebelakang youtube menjadi salah satu platform yang digunakan oleh para content creator sebagai media mereka. Salah satunya seperti Arif Muhammad yang mengawali karirnya melalui Instagram dengan membuat konten berupa video yang di unggah di Instagram pribadinya, namun Arif Muhammad kini memanfaatkan youtube sebagai tempat untuk menyajikan konten-konten yang dia buat agar lebih banyak penontonnya. Arif Muhammad dikenal sebagai content creator yang memiliki ciri khasnya sendiri, seperti konten yang Arif Muhammad buat ia menggunakan daerahnya sebagai isi kontennya yaitu bahasa Medan. Dalam videonya Arif Mumammad menampilkan seorang ibu-ibu yang berasal dari Medan yaitu “Mak Beti” dan memiliki anak perempuan yang Bernama “Beti” serta teman-temanya dan juga orang-orang yang berada dilingkungannya. Pada perannya masing-masing Arif Muhammad menerapkan Bahasa daerah Medan sebagai Bahasa yang digunakan, dari situ Arif Muhammad bisa mengenalkan Bahasa daerahnya dengan berbagai macam logat dan gaya komunkasi Bahasa pada perilaku masing-masing.

            Pada bahasa yang digunakan Arif Muhammad merupakan bahasa Informal untuk menjadikan daya tarik sehingga bisa memperkenalkan bahasa daerah Medan walaupun tidak resmi namun pesan yang disampaikan bisa masuk ke penontonnya. Jika dikaitkan gaya bahasa yang digunakan bisa berkaitan dengan komunikasi yang mana seperti proses penyampaian yang ingin disampaikan atau disajikan melalui pikiran dan perasaan pada ide, informasi, dan harapan, yang dilakukan oleh Arif Muhammad untuk penontonnya secara tidak langsung melalui videonya. Untuk mengulas tanda-tanda bahasa yang digunakan Arif Muhammad, maka akan dikaji dengan terapan teori semiotika. Pentingnya gaya bahasa yang digunakan pada konten Arif Muhammad dikaji dengan teori semiotika yakni untuk mengetahui  lebih dalam untuk mengetahui manfaat konten yang dibuat serta memahami gaya bahasa apa yang digunakan oleh Arif Muhammad di youtube channelnya. Serta penanda dan tinanda yang tedapat pada video konten yang dibuat.

Rumusan Masalah

1. Apa manfaat sosial yang terdapat dalam content Arif Muhammad 'Mak Beti' ?

2. Konten seperti apa yang Arif Muhammad buat untuk memperkenalkan bahasa dan perilaku daerah Medan?

3. Pesan apa yang terdapat dalam content Mak Beti dengan menggunakan analisis semiotika?


Kelompok : retirm global

Topik penelitian:

Komunikasi dan gaya visual yang digunakan oleh Arif Muhammad 'Mak Beti' dalam video youtubenya sebagai konten kreator.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian dan Analisis Semiotik ( KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP KARYA MANIPULASI FOTO AGAN HARAHAP)

Kajian Literature Dalam Menggunakan Lima Jurnal

Review Penelitian tentang Kajian Seni Rupa dan Desain