Komunikasi dan gaya visual yang digunakan oleh Arif Muhammad 'Mak Beti' dalam video youtubenya sebagai konten kreator.
Latar Belakang
Youtube merupakan salah
satu platform media sosial yang menampilkan berbentuk video yang sedang tren sejak
7 tahun belakangan ini hingga sekarang. Dari data statistik yang dilansir oleh
yotube sendiri hampir dari sepertiga pengguna internet menggunakan youtube menjadikan
salah satu media sosial yang digunakan. Banyak dari mereka tidak hanya sekedar
menjadi penikmat tayangan video yang ada di youtube, namun mereka membuat
peluang bagi diri mereka sendiri dengan membuat akun youtube atau channel
youtube sebagai tempat mereka membuat konten yang kreatif, bahkan tidak hanya
itu youtube bisa menjadikan kesempatan mereka untuk lapangan pekerjaan. Sehingga
mereka memiliki channel youtube yang dimana channel youtube ini merupakan akun atau
platform untuk content creator sebagai wadah mereka menghasilkan berbagai video
yang ingin ditampilkan untuk ditonton oleh berbagai pengguna youtube. Bahkan
hingga saat ini pengguna youtube sangat banyak sekali sehingga bisa menghasilkan
penonton yang bisa mencapai ratusan juta penayangan. Biasanya youtube digunakan
oleh kalangan usia 16 sampai 40 tahun, bahkan youtube sekarang sudah
memunculkan fitur youtube kids yang dimana berisikan konten untuk anak kecil. Banyak
sekali ragam tayangan yang diakses di laman youtube, seperti Film, Musik,
Berita dan Informasi, Gaya Hidup, Olahraga, Game, Vlog/kegiatan sehari-hari dan
masih banyak konten-konten lainnya.
Pada
laman youtube ini banyak sekali menghidupkan orang-orang yang memiliki kemampuan
yang sangat kreatif sehingga menciptakan
banyak content creator. Content Creator merupakan orang yang memiliki ide
kreatif yang dijadikan sebagai konten dan mereka membuat konten yang edukatif
atau konten yang bisa menghibur sesuai keinginan para audiensnya, biasanya
konten yang dibuat oleh para content creator yakni seperti tulisan, digital
art, foto, video, podcast, dll. Biasanya mereka menyajikan kontennya di media
sosial mereka sendiri, seperti Instagram, Blog, Twitter, Tiktok dan Youtube. Namun beberapa tahun kebelakang youtube
menjadi salah satu platform yang digunakan oleh para content creator sebagai
media mereka. Salah satunya seperti Arif Muhammad yang mengawali karirnya melalui
Instagram dengan membuat konten berupa video yang di unggah di Instagram
pribadinya, namun Arif Muhammad kini memanfaatkan youtube sebagai tempat untuk
menyajikan konten-konten yang dia buat agar lebih banyak penontonnya. Arif Muhammad
dikenal sebagai content creator yang memiliki ciri khasnya sendiri, seperti konten
yang Arif Muhammad buat ia menggunakan daerahnya sebagai isi kontennya yaitu bahasa
Medan. Dalam videonya Arif Mumammad menampilkan seorang ibu-ibu yang berasal
dari Medan yaitu “Mak Beti” dan memiliki anak perempuan yang Bernama “Beti”
serta teman-temanya dan juga orang-orang yang berada dilingkungannya. Pada perannya
masing-masing Arif Muhammad menerapkan Bahasa daerah Medan sebagai Bahasa yang
digunakan, dari situ Arif Muhammad bisa mengenalkan Bahasa daerahnya dengan
berbagai macam logat dan gaya komunkasi Bahasa pada perilaku masing-masing.
Pada
bahasa yang digunakan Arif Muhammad merupakan bahasa Informal untuk menjadikan
daya tarik sehingga bisa memperkenalkan bahasa daerah Medan walaupun tidak
resmi namun pesan yang disampaikan bisa masuk ke penontonnya. Jika dikaitkan gaya
bahasa yang digunakan bisa berkaitan dengan komunikasi yang mana seperti proses
penyampaian yang ingin disampaikan atau disajikan melalui pikiran dan perasaan pada
ide, informasi, dan harapan, yang dilakukan oleh Arif Muhammad untuk
penontonnya secara tidak langsung melalui videonya. Untuk mengulas tanda-tanda bahasa
yang digunakan Arif Muhammad, maka akan dikaji dengan terapan teori semiotika. Pentingnya gaya bahasa yang digunakan pada konten Arif Muhammad dikaji dengan teori semiotika yakni untuk mengetahui lebih dalam untuk mengetahui manfaat konten yang dibuat serta memahami gaya bahasa apa yang digunakan oleh Arif Muhammad di youtube channelnya. Serta penanda dan tinanda yang tedapat pada video konten yang dibuat.
Rumusan Masalah
1. Apa manfaat sosial yang terdapat dalam content Arif Muhammad 'Mak Beti' ?
2. Konten seperti apa yang Arif Muhammad buat untuk memperkenalkan bahasa dan perilaku daerah Medan?
3. Pesan apa yang terdapat dalam content Mak Beti dengan menggunakan analisis semiotika?
Kelompok : retirm global
Topik penelitian:
Komunikasi dan gaya visual yang digunakan oleh Arif Muhammad 'Mak Beti' dalam video youtubenya sebagai konten kreator.
Komentar
Posting Komentar