Kajian Literature Dalam Menggunakan Lima Jurnal

 

Pertama, Jurnal Personal Branding Content Creator Arif Muhammad oleh Tri Wahyu Amalia menjelaskan bahwa Personal branding menjadi salah satu kunci meningkatkan nilai jual seseorang, karena personal branding merupakan proses membawa skill dan karakter unik seseorang untuk kemudian dapat membungkusnnya menjadi sebuah identitas yang membedakan dengan orang lain. Jurnal ini membahas bentuk personal branding content creator Arif Muhammad dalam akun Youtubenya, dengan menggunakan konsep the eight laws of personal branding Peter Montoya. Jurnal ini juga menjelaskan masing-masing konsep menurut Peter Montoya pada "The Eight Laws of Personal Branding" yang didalamnya memiliki delapan konsep yaitu, Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Keteguhan, dan Maksud Baik.

Kedua, Jurnal Motif Menonton Vlog "Keluarga Beti" Channel Youtube Arif Muhammad oleh Didik Hariyanto. Dalam jurnalnya menjelaskan motif yang didapat dalam menonton “Keluarga Beti” dengan berbagai wawancara. Beberapa motif dalam menonton video Arif Muhammad sebagian informan menyatakan sebagai motif kebutuhan informasi. Meskipun tidak semua informasi yang disampaikan dalam video dapat memenuhi kebutuhan informasi pad infroman. Berbagai infromasi yang mereka dapatkan  seperti Aplikasi belanja online atau e-commerce dan logat bahasa yang digunakan.

Ketiga, Analisis Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Arif Muhammad (Kajian Sosiolinguistik: Makna Singkatan Dan Makna Kiasan Bahasa Gaul). Dalam chanel youtube Arif Muhammad menampilkan berbagai bahasa gaul yang sering digunakan sehari-hari oleh remaja atau komunitas tertentu pada saat ini, dalam jurnal ini membahas singkatan dan kiasan bahasa yang terdapat dlam video youtube tersebut agar pembaca ataupun masyarakat luas dapat mengetahui sedikit banyaknya menganai makna bahasa gaul.

Keempat, Fenomena penggunaan media internet khususnya YouTube yang semakin menjamur tersebut tentunya dimanfaatkan oleh perusahaan media dengan membuat akun YouTube untuk menyebarkan pemberitaan videonya. konten humor dalam YouTube mengapa memiliki pengaruh yang sangat kuat dikarenakan adanya karakteristik yang khas dan sangat kreatif dari konten kreator tersebut. Seperti karakter yang dimainkan salah satunya yang terkenal adalah “Mak Beti” dan seorang Maell Lee yang menjadi preman terkuat dibumi dengan gaya dan logat menghibur.

Kelima, Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda, Kebanyakan kreator konten masih membuat konten yang bersifat mainstream. Oleh karena itu di masa mendatang pihak YouTube ingin semakin memperbanyak kreator konten dan komunitas YouTuber yang berfokus pada konten yang bersifat edukatif (ibid). maka jurnl ini akan membahas Yotube sebagai edukasi dan menciptakan creator yang lebih bermanfaat.

 

Tri Wahyu Amalia, A.A.I. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad (Analisis Visual pada Akun Youtube @Arif Muhammad). Jurnal Representamen, 6(1).

Hariyanto, D., Mariyanto, A. P. P. (2020). Motif Menonton Vlog "Keluarga Beti" Channel Youtube Arif Muhammad. Jurnal lmu Komunikasi, 8(2), 67-72.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian dan Analisis Semiotik ( KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP KARYA MANIPULASI FOTO AGAN HARAHAP)

Review Penelitian tentang Kajian Seni Rupa dan Desain