Kajian Literature Dalam Menggunakan Lima Jurnal
Pertama, Jurnal Personal Branding Content
Creator Arif Muhammad oleh Tri Wahyu Amalia menjelaskan bahwa Personal branding
menjadi salah satu kunci meningkatkan nilai jual seseorang, karena personal
branding merupakan proses membawa skill dan karakter unik seseorang untuk
kemudian dapat membungkusnnya menjadi sebuah identitas yang membedakan dengan
orang lain. Jurnal ini membahas bentuk personal branding content creator Arif
Muhammad dalam akun Youtubenya, dengan menggunakan konsep the eight laws of
personal branding Peter Montoya. Jurnal ini juga menjelaskan masing-masing konsep
menurut Peter Montoya pada "The Eight Laws of Personal Branding" yang
didalamnya memiliki delapan konsep yaitu, Spesialisasi, Kepemimpinan,
Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Keteguhan, dan Maksud Baik.
Kedua, Jurnal Motif Menonton Vlog "Keluarga Beti"
Channel Youtube Arif Muhammad oleh Didik Hariyanto. Dalam jurnalnya menjelaskan
motif yang didapat dalam menonton “Keluarga Beti” dengan berbagai wawancara. Beberapa
motif dalam menonton video Arif Muhammad sebagian informan menyatakan sebagai
motif kebutuhan informasi. Meskipun tidak semua informasi yang disampaikan dalam
video dapat memenuhi kebutuhan informasi pad infroman. Berbagai infromasi yang mereka
dapatkan seperti Aplikasi belanja online
atau e-commerce dan logat bahasa yang digunakan.
Ketiga, Analisis Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Arif Muhammad (Kajian
Sosiolinguistik: Makna Singkatan Dan Makna Kiasan Bahasa Gaul). Dalam chanel
youtube Arif Muhammad menampilkan berbagai bahasa gaul yang sering digunakan
sehari-hari oleh remaja atau komunitas tertentu pada saat ini, dalam jurnal ini
membahas singkatan dan kiasan bahasa yang terdapat dlam video youtube tersebut
agar pembaca ataupun masyarakat luas dapat mengetahui sedikit banyaknya
menganai makna bahasa gaul.
Keempat, Fenomena penggunaan media internet
khususnya YouTube yang semakin menjamur tersebut tentunya dimanfaatkan oleh
perusahaan media dengan membuat akun YouTube untuk menyebarkan pemberitaan
videonya. konten humor dalam YouTube mengapa memiliki pengaruh yang sangat kuat
dikarenakan adanya karakteristik yang khas dan sangat kreatif dari konten
kreator tersebut. Seperti karakter yang dimainkan salah satunya yang terkenal
adalah “Mak Beti” dan seorang Maell Lee yang menjadi preman terkuat dibumi
dengan gaya dan logat menghibur.
Kelima, Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda, Kebanyakan
kreator konten masih membuat konten yang bersifat mainstream. Oleh karena itu
di masa mendatang pihak YouTube ingin semakin memperbanyak kreator konten dan
komunitas YouTuber yang berfokus pada konten yang bersifat edukatif (ibid).
maka jurnl ini akan membahas Yotube sebagai edukasi dan menciptakan creator yang
lebih bermanfaat.
Tri Wahyu
Amalia, A.A.I. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad
(Analisis Visual pada Akun Youtube @Arif Muhammad). Jurnal Representamen,
6(1).
Hariyanto, D., Mariyanto,
A. P. P. (2020).
Motif Menonton Vlog "Keluarga Beti" Channel Youtube Arif Muhammad. Jurnal
lmu Komunikasi, 8(2), 67-72.
Komentar
Posting Komentar